Rabu, 20 Juni 2018

Pembelajaran 6





 


Apa judul bacaan di bawah? Menurutmu bacaan ini berisi tentang apa?


Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat! Kemudian, ceritakan di depan kelas!
 


 Wujud Benda
Dilihat dari wujudnya, benda dapat dibedakan menjadi tiga. Ada benda padat, benda cair, dan benda gas. Benda padat adalah benda yang memiliki bentuk dan ukuran yang tetap. Contohnya kelereng, batu, dan pensil. Benda cair adalah benda yang memiliki ukuran yang tetap, tetapi bentuknya berubahubah sesuai dengan tempat atau wadahnya. Contohnya sirup dalam botol, teh dalam gelas, dan air minum dalam cangkir.  Sedangkan benda gas adalah benda yang memiliki ukuran dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan tempat atau wadahnya. Contohnya udara dalam balon, ban sepeda, dan kantong plastik yang ditiup.
 

Diskusikan dengan temanmu makna kata berikut! 
Untuk menguji hasil diskusimu, kerjakanlah   latihan berikut!
Petunjuk :
Temukan kata yang sesuai dengan makna sebagai berikut!
1.    Benda yang isi dan bentuknya tetap.
2.    Rupa atau bentuk yang dapat diraba.
3.    Bersifat seperti air atau encer.
4.    Ringan bersifat seperti udara.
5.    Isi atau besarnya benda dalam sebuah ruang.







Amatilah benda-benda yang ada di rumahmu! Beri tanda centang (√) sesuai dengan wujudnya!
 


Bacakan hasil pengamatanmu!
Berikan tanggapan terhadap hasil pengamatan temanmu!







Amatilah gambar berikut!














Diskusikanlah dengan temanmu jawaban dari pertanyaan berikut!

1. Apa yang dilakukan Beni dan Edo?
2. Bagaimana aturan dalam bermain pistol air?
3. Apa yang terjadi jika Beni atau Edo tidak mematuhi aturan dalam bermain?
4. Mengapa diperlukan aturan dalam bermain?
5. Apa manfaat aturan tersebut?




 


Beni mempunyai 1 pistol air.
Edo juga mempunyai 1 pistol air.
Tiba-tiba Udin datang dan juga membawa 1 pistol air.
Berapa jumlah pistol air semuanya?








Sama artinya dengan :







Tulis perkalian berikut dalam bentuk penjumlahan berulang. Kemudian, tentukan hasilnya!
1.    2 X 5 = ... + ... = ...
2.    4 X 2 = ... + .... + ... = ...
3.    5 X 7 = ... + ... + ... + ... +... = ....







Orang tua membimbing siswa melakukan perkalian dalam bentuk penjumlahan berulang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar